Topik Utama

Total Tayangan Halaman

Jumat, 03 Mei 2013

KISAH MISTIS CIREBON : Kehebatan Benteng Kutagara Menahan Badai


CIREBON- Berbicara mitos dan kepercayaan terhadap hal gaib memang tidak bisa dilepaskan dari benak masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di Desa Cangkol Kota Cirebon Jawa Barat yang menyakini suatu tempat “Gegara” atau bentuk benteng gaib yang dikenal dengan nama Benteng Kutagara.
Salah satu warga Desa Cangkol Kota Cirebon, Suparman yang juga sebagai Ketua Rukun Nelayan Cangkol menuturkan sebuah hamparan pasir pantai yang berjarak belasan meter dari pemukiman warga (Cangkol Selatan) diyakini oleh warga sekitar sebagai benteng bagi masyarakat Kota Cirebon dari ancaman gangguan alam.
KISAH ANEH
Pada akhir tahun 2011 daerah pesisir pantai yang tepatnya berada di daerah Cangkol Kota Cirebon hampir hancur karena ada angin puting beliung dari arah laut, namun ajaib angin puting beliung yang hampir mendekat pemukiman warga ternyata kembali berbalik arah saat berada di hamparan pasir yang disebut warga “Gegara” atau Benteng Kutagara.
“Hampir seluruh warga Cangkol menyaksikan peristiwa tersebut [angin puting beliung] yang hampir menghancurkan pemukiman,” katanya, Selasa (20/11).
PENDAPAT WARGA
Suparman dan warga lainnya menyakini salah satu desa di Kota Cirebon yang diberi nama Kutagara merupakan pertanda bahwa di kota wali tersebut memang ada sebuah benteng gaib yang bernama Benteng Kutagara.
Terlepas percaya atau tidak, yang jelas Gegara merupakan sebuah tempat yang diyakini warga memiliki kekuatan gaib dan menjadi semacam benteng gaib yang menangkal marabahaya,” ujarnya.
Sumber : bisnis jabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar